Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengintip Pesona Air Terjun Jeruk Manis di Lombok


Saat ini konsep taman yang memiliki dinding air terjun menjadi sebuah keunikan tersendiri. Konsep ini cocok untuk taman minimalis dan bisa dirancang oleh jasa taman Jogja. Biasanya dinding air terjun menjadi pilihan alternatif dibandingkan dengan konsep kolam yang memiliki air mancur.

Berbicara tentang air terjun, Lombok memiliki obyek wisata air terjun hingga lebih dari 10 spot wisata. Salah satu yang sering dikunjungi adalah air terjun Jeruk Manis. Untuk Anda yang ingin mengunjungi Lombok untuk berwisata suatu saat nanti, berikut beberapa informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Air Terjun Jeruk Manis


Air Terjun Jeruk Manis, sumber ig : @dindaenda945


Tidak banyak diketahui tentang bagaimana asal-usul air terjun ini. Secara alamiah maupun berdasarkan ceritan penduduk setempat. Namun terdapat informasi bahwa salah seorang penduduk pertama kali menemukan air terjun ini sekitar tahun 1983 dan tempat ini masih tidak dikunjungi oleh siapapun. Lambat laun, tempat ini mulai ramai dan menjadi objek wisata yang dikelola pihak setempat.

Jika dilihat dari lokasinya, air terjun ini berada di sekitar Taman Nasional Gunung Rinjani. Sehingga objek wisata ini merupakan air yang mengalir dari puncak bukit yang terdapat di Taman Nasional ini dan terjun ke bawah sehingga di dasarnya terdapat kolam. Aliran air terjunnya yang melewati tanaman yang rimbun di sisi-sisi bukit menjadikan pemandangan yang berbeda. Karena biasanya aliran air terjun melewati bebatuan sisi bukit.

Air terjun ini dipercaya oleh penduduk setempat memiliki khasiat tertentu. Khasiatnya yaitu dapat menyembuhkan penyakit serta menyuburkan rambut. Untuk memperoleh khasiat ini, para pengunjung bisa mengikuti ritual yang dipandu oleh penduduk setempat serta hanya dilakukan pada waktu tertentu saja.

Setelah berjalan kaki sekitar 20 menit, Air Terjun Jeruk Manis pun mulai nampak dari kejauhan. Dengan ketinggian 644 mdpl air terjun ini sangat indah memanjakan mata dan menyegarkan badan setelah berkeringat di perjalanan. Ketinggian air terjun ini berkisar antara 15-20 melalui dinding gawir yang disusun oleh lava basal. Percikan air terjun dari ketinggian juga menambah kesegaran dan manisnya alam Air Terjun Jeruk Manis.

Di lokasi ini para pengunjung bisa menikmati kesejukan dan keindahan hutan lindung yang merupakan tempat di mana air terjun ini berada. Selain itu pengunjung juga bisa bersantai dan bahkan mandi di kolam dasar air terjun yang menyegarkan dan berair jernih. Biasanya saat ini banyak pengunjung yang datang untuk berfoto karena objek wisata ini memiliki pemandangan yang indah.

Lokasi Air Terjun


Air terjun ini berjarak sekitar 50 km dari Kota Mataram. Lokasinya berdekatan dengan Desa Wisata Tetebatu. Lama perjalanan yang ditempuh dari Kota Mataram adalah 2 jam dengan melewati Cakranegara, Narmada, Sedau, Mantang, Kopang, Terara, Sikur, Masbagik, Desa Kembang Kuning. Untuk menuju lokasi, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan seperti kendaraan pribadi atau menggunakan jasa sewa mobil Lombok.

Setelah sampai di pintu masuk lokasi, para pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Perjalanan ini berjarak sekitar 1,5 km dalam waktu kurang lebih 30 menit. Pengunjung memang hanya bisa berjalan kaki karena jalan masuknya merupakan jalan setapak yang merupakan jalan batu. Meskipun begitu biasanya pengunjung menikmati perjalanan ini karena keindahan pemandangan sekitar hutan lindung.

Selama menempuh perjalanan setapak melalui jalan yang terbuat dari batu ini, pengunjung akan ditemani dengan berbagai jenis tanaman dan tumbuhan. Seperti paku-pakuan, bunga liar, durian, lemuru (ficus sp), liluh-liluh (lixoura sp), dan bajur (pterospernum javanicum). Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan kehidupan liar dari beragam fauna seperti Kera dan juga Rusa.

Jika merasa lelah, Anda bisa beristirahat sejenak di Berugak (semacam gazebo) yang akan Anda temui di tepi jalan. Anda akan melewati tiga buah Berugak, namun disarankan agar Anda bertahan sejenak dan berhenti pada Berugak yang terakhir. Sebab, Berugak ini letaknya tak jauh dari air terjun, dan di sini Anda bisa menikmati pemandangan hutan lindung yang asri sembari beristirahat.

Setelah beristirahat sejenak, Anda bisa segera berenang di kolam yang segar, atau bermain air di sungai di area spot wisata alam ini. Kelelahan Anda akan sirna ketika Anda sampai di air terjun ini. Badan serta jiwa Anda akan kembali segar setelah menyapa air terjun ini.

Perjalanan Menuju Air Terjun, sumber ig @dikaap14


Informasi Tambahan


Karena berada di Taman Nasional Gunung Rinjani, objek wisata ini memang menjadi trek untuk mengunjungi berbagai spot wisata yang ada di sini. Sehingga pengunjung bisa sekaligus mengeksplor beberapa tempat sekaligus yang juga tidak kalah menarik, yaitu seputar hutan dan air terjun.

Untuk mengunjungi spot wisata ini, para pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk. Selain itu, terdapat beberapa homestay dan tempat makan yang bisa disinggahi sebelum masuk ke objek wisata air terjun. Jadi, jika berkunjung ke tempat ini beberapa hari, para pengunjung bisa menginap di homestay dan membeli perbekalan di tempat makan.

Itu dia informasi terkait salah satu objek wisata air terjun yang terdapat di Lombok Timur, yaitu Air Terjun Jeruk Manis. Simak berbagai informasi lainnya terkait wisata Lombok di blog paketwisatalombok99.com. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mengintip Pesona Air Terjun Jeruk Manis di Lombok"