Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Keindahan Alam Lombok di Puncak Bukit Nanggi

Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan? Jenuh dengan tugas kuliah yang numpuk? Malas dengan kegiatan dan agenda yang terlalu banyak? Anda perlu refreshing untuk menghibur diri. Banyak wisata Lombok yang bisa dijadikan sebagai tujuan Anda untuk refreshing salah satunya Bukit Nanggi. Bukit Nanggi bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk refreshing pegunungan atau perbukitan di Pulau Lombok, karena Bukit Nanggi bisa disebut sebagai bukit dan juga gunung.

Mungkin nama Bukit Nanggi tidak terlalu terkenal seperti nama Bukit Pergasingan. Padahal kedua bukit tersebut berada di wilayah Kecamatan Sembalun. Keindahan Bukit Nanggi juga tidak kalah dengan Bukit Pergasingan sehingga bagi Pendaki yang telah mendaki Bukit Pergasingan tidak ada salah mendaki bukit Nanggi. Biar bisa membedakan keindahan dari kedua bukit tersebut. Tetapi bagi Pendaki yang tidak pernah mendaki bukit atau gunung, alangkah baiknya mendaki Bukit Pergasingan terlebih dahulu sebagai latihan fisik biar tidak kaget ketika mendaki Bukit Nanggi.



Lokasi

Bukit Sembalun secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa Sembalun kembali menawarkan keindahan alam dengan salah satu Bukit Nanggi, yang sebelumnya Bukit Pergasingan lebih populer. Bukit Nanggi lebih cocok disebut dengan gunung dibandingkan dengan bukit karena memiliki ketinggian 2.300 mdpl atau tinggi tersebut terlalu tinggi untuk sebuah bukit. Tetapi karena bukit ini terletak berdekatan dengan Gunung Rinjani yang menjulang lebih tinggi sehingga Masyarakat Lombok menyebut sebagai bukit.

Tiket Masuk

Tiket masuk area wisata Bukit Nanggi sangatlah terjangkau. Hanya dengan membayar Rp. 10.000 per orang, maka Anda dan rombongan bisa menuju ke puncak bukit. Tiket ini bisa Anda beli pada pengelola Bukit Nanggi yang berada di pangkal jalur pendakian.

Jalur Pendakian

Jalur menuju puncak Bukit Nanggi cukup berat dan menantang, dibutuhkan waktu sekitar 6 – 7 jam untuk bisa mencapai puncak.  Jalur pendakian Bukit Nanggi terletak sekitar 600 meter di sebelah selatan Kompleks Rumah Adat Sembalun Bumbung/Lapangan Umum Sembalun Bumbung. Anda tidak perlu bingung untuk mencari jalur pendakian sebab di pangkal jalur pendakian terdapat papan nama Bukit Nanggi.

Selain lewat jalur di atas, Anda juga bisa melalui jalur yang berada di sekitar Rumah Adat Sembalun Bumbung, di mana jika Anda datang dari arah Pusuk Sembalun, ketika Anda tiba di persimpangan Rumah Adat maka Anda harus mengambil arah kanan dan masuk melalui jalan barat yang berada di sebelah Lapangan Umum Sembalun Bumbung. Teruslah berjalan hingga Anda menemukan sungai yang berada di tengah perkampungan Sembalun Bumbung, dari sana Anda harus mengambil arah kiri sehingga Anda akan menemukan jembatan dari bambu.

Dengan demikian, maka Anda harus meninggalkan kendaraan bermotor dan mulailah Anda untuk menapaki track menuju puncak Bukit Nanggi dengan berjalan kaki. Jika Anda kebingungan menemukan jalur pendakian ini maka Anda tinggal bertanya kepada warga sekitar, mereka akan memberikan Anda informasi lengkap tanpa biaya.



Keindahan Alam

Saatnya Anda menenangkan hati dan pikiran di Bukit Nanggi dengan menikmati keindahan Alam yang begitu mempesona.

1. Pemandangan Nan Indah Selama Perjalanan

Selama perjalanan sampai ke puncak bukit Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Alam yang begitu Indah. Rasa letih dan lelah Anda pun tidak akan terasa menikmati keindahan pemandangan sepanjang perjalanan. Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan padang savana yang begitu menakjubkan, padang savana banyak dijadikan oleh Pendaki sebagai background untuk berfoto.

2. Pesona Sunrise dan Sunset

Dari atas puncak Anda akan terkesan dengan keindahan alam Bukit Nanggi. Sesampainya Anda di Puncak ketika sore hari maka rasa lelah dan letih Anda akan terobati ketika melihat sunset (matahari terbenam di ufuk barat) dengan latar gunung rinjani. Keesokan harinya ketika Anda bangun tidur akan disuguhkan dengan keindahan sunrise (matahari terbit dari ufuk timur) dengan latar laut selat alas.



3. Panorama Alam yang Indah

Diatas puncak Bukit Nanggi Anda akan melihat panorama alam yang begitu indah. Diantaranya pemandangan sawah yang berbentuk persegi empat dengan warna dominan hijau, Gunung Rinjani yang dikelilingi awan putih yang menawan, safana padang rumput yang mempesona, dan laut selat alas yang indah dari kejauhan.

4. Suasana Malam yang Dingin

Di bukit ini udaranya sangat sejuk bahkan bisa dibilang dingin. Yah, Desa Sembalum dikenal sebagai tempat yang dingin dibandingkan dengan tempat-tempat lain di sekitarnya. Jadi bagi kamu yang tidak terbiasa dengan udara dingin bersiap-siaplah menggunakan pakaian yang tebal. Bagi kamu yang ingin menginap di sana, pengelola juga sudah menyiapkan tempat. Cuaca dingin di Bukit Nanggi tidak akan terasa karena disediakan penghangat badan untuk para Pendaki. Jadi Anda bisa bebas menikmati malam yang damai dari atas bukit tanpa kedinginan.

Akomodasi

Rute perjalanan bisa Anda mulai dari Kota Mataram Ibukota Nusa Tenggara Barat menuju ke Terminal Bertais, gunakan bus kecil dengan rute Masbagik dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 5 menit, lanjut ke Aikmel dengan waktu tempuh sekitar 39 menit, lanjut ke Suela dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, dan terakhir ke Sembalun dengan waktu tempuh sekitar 48 menit. Perjalanan ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua kurang lebih selama 2 jam. Setelah sampai di Sembalun, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju ke kawasan Bukit Nanggi dengan memakai ojek pengkolan.

Posting Komentar untuk "Menikmati Keindahan Alam Lombok di Puncak Bukit Nanggi"