Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Terbaik di Lombok

Ada beberapa air terjun di Lombok yang menjadi list paket wisata Lombok tour package yang biasa di pakai oleh wisatawan mancanegara. Dari berbagai air terjun ini ada yang berada di satu kawasan wisata sehingga untuk wisatawan yang menuju ke destinasi wisata tersebut akan mendapati dua air terjun yang indah. Inilah air terjunnya. 
Air terjun menjadi salah satu daya tarik wisata. Sumber Unsplash


Air Terjun Sendang Gile

Sendang Gile memiliki arti ‘singa gila’ dalam bahasa Lombok. Memang keberadaan air terjun sendang gile ini tidak lepas dari mitos dan cerita yang beredar di masyarakat. Konon pada jalan dahulu ada sekor singa yang mengamuk dan memporak-porandakan suatu pedesaan. Masyarakat desa kemudian ramai-ramai menangkap singa tersebut. Akhirnya singa lari dan masuk ke hutan. Masyarakat yang melacak larinya singa ke hutan malah menemukan air terjun indah di tengah hutan. Maka disebutkah air terjun itu dengan sebutan sendang gile.

Lokasi air terjun ini ada di jalur pendakian menuju Gunung Rinjani sehingga sangat mudah ditemukan. Biasanya para pendaki akan mampir dahulu ke air terjun ini sebelum mendaki ke Gunung Rinjani. Lokasi tepatnya berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, lombok Utara. Dari kota Mataram Lombok tempat ini lumayan jauh dengan perjalanan 9 jam perjalanan menggunakan mobil.

Meskipun perjalanannya lama namun anda akan di manjakan dengan pemandangan air terjun indah dengan dua tingkat. Tingkat atas adalah air yang muncul dari puncak akan terjun dan tertampung di kolam yang ada diatas bukit. Setelah itu air akan jatuh ke sungai di bawahnya dari kolam penampunga alami di atas bukit. Keunikan air terjun sendang gile memang tidak ada yang menyamainya.

Air Terjun Tiu Kelep

Selain ada air terjun Sendang Gile ternyata di Senaru juga terdapat air terjun Tiu kelep yang tidak kalah indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 42 meter dengan berupa kolam sedalam pinggang orang dewasa sehingga bagi anda yang menginginkam kesegaran air akami bisa mandi di bawah air terjun tiu kelep.

Pada beberapa tahun yang lalu di air terjun ini pernah terjadi bencana longsor yang menyebabkan tiga wisatawan tewas. Longsor dari air terjun ini bukan karena burknya pengelolan hutan akan tetapi karena adanya gempa yang datang secara tiba-tiba.

Sebagaimana air terjun Sendang Gile, air terjun Tiu kelep memiliki sumber air dari Gunung Rinjani, salah satu gunung dengan pemandangan puncak terindah di Lombok. Apabila anda berkesenpatan mengunjungi Lombok atau mendaki ke Gunung Rinjani anda bisa mampir ke air terjun Tiu kelep yang letaknya tidak begitu jauh dari pos pendakian Senaru ataupun air terjun Sendang Gile.

Air Terjun Benang Kelambu

air terjun ini memang unik. Dengan air terjun yang tipis namun lebar yang menyerupai kelambu maka nama air terjun ini adalah Benang Kelambu. Air terjun Benang Kelambu ini memiliki lokasi tak jauh dari kota mataram yakni sekitar 32 kilometer dari pusat kota. Dengan perjalanan menggunakan kendaraan roda empat anda akan dengan cepat menemukan tempat ini. Tetapi disarankan untuk menanyakan ke agen perjalanan karena tempat ini hanya memiliki satu papan penunjuk jalan.

Untuk memasuki kawasan wisata ini anda hanya dipungut biaya sekitar 5000 rupiah. Jangan lupa ketika sampai ke pintu masuk membeli air minum sebagai bekal karena anda harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki selama 500 meter. Dan selama perjalanan itu air minum sangat dibutuhkan. Selain itu anda bisa menikmati berbagai makanan yang dijual di dekat pintu masuk kawasan wisata. 
Ajr Terjun Sendang Gike. Sumber Unslash


Sebagaimana air terjun Sendang Gile yang berdekatan dengan destinai wisata lainnya yakni air terjun Tiu Kelep, air terjun Benang Kelambu juga berdekatan dengan air terjun lainnya yang juga menjadi tujuan wisata yaitu air terjun Benang Setokel. Oleh karena itu jika anda mengunjungi kawasan wisata ini jangan lupa mengunjungi dua aur terjun yang indah ini.

Air Terjun Umar Maya

Berbeda dengan beberapa air terjun di Lombok, air terjun ini memiliki kolam yang luas dan mengandung belerang sehingga bagus untuk dijadikan lokasi terapi penyakit kulit. Dengan air berwarna putih kehijauan dan rimbunnya tanaman di sekitarnya membuat nampak indah. Air terjun ini berlokasi di Bilok Petung salah satu desa yang memiliki tempat ibadah tertua di Lombok.

Nama Umar Maya merupakan nama seorang raja di Lombok yang memiliki kesaktian. Konon raja ini memiliki tempat pertapaan di gua dibalik arus air terjun yang diberi nama air terjun Umar Maya. Dengan tinggi air terjun hanya 6 meter namun air terjun ini memiliki cerita sejarah yang unik.

Itulah air terjun terbaik di Lombok. jangan lupa membaca artikel tentang wisata Bukit Nanggi di Sembalun salah satu destinasi wisata alam di Lombok.

Posting Komentar untuk "Air Terjun Terbaik di Lombok "