Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata ke Desa Banyumulek, Penghasil Kerajinan Gerabah yang Khas di Lombok

Setiap daerah di Indonesia biasanya memiliki ciri khas masing-masing. Ciri khas ini yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negeri yang kaya. Bukan hanya hasil alamnya, tetapi juga kebudayaannya. Produk kebudayaan ini seringkali tampak pada barang kerajinannya.

Misalnya saja daerah Kabupaten Boyolali. Di sini terdapat Desa Cepogo yang memiliki ciri khas produksi kerajinan tembaga yang sudah di ekspor ke luar negeri. Di desa ini rumah-rumah warga menjadi galeri barang seni kerajinan khas tembaga kuningan asli Boyolali.

Untuk Anda yang sedang kebetulan berkunjung ke Lombok, terdapat juga desa kerajinan gerabah Banyumulek. Bagaimana produk-produk kerajinan dan suasana Desa Banyumulek di Lombok? Berikut beberapa informasi ringkasnya.

Kendhil Maling

Desa Kerajinan Gerabah di Lombok


Di Kabupaten Lombok Barat, Kecamatan Kediri, terdapat sebuah desa yang sering menjadi tempat kunjungan untuk melihat berbagai barang kerajinan yang terbuat dari gerabah. Desa Banyumulek sebutannya. Desa ini sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu penghasil kerajinan gerabah di Lombok.

Uniknya, biasanya Lombok terkenal dengan berbagai lokasi wisata bahari. Namun ternyata bukan hanya laut dan Gili yang ditemui. Terdapat juga desa wisata dengan barang kerajinan khas penduduk setempat di Desa Banyumulek.

Para wisatawan bisa melihat berbagai barang yang sering dijadikan oleh-oleh. Bukan hanya itu, proses pembuatannya juga ditampilkan sebagai salah satu daya tarik wisatanya. Sehingga para wisatawan bisa mempelajari proses pembuatan kerajinan gerabah.

Hasil kerajinan gerabah Desa Banyumulek ternyata sudah merambah sampai ke pasar internasional. Misalnya New Zeland dan beberapa negara di Eropa. Di desa ini, Anda bisa membawa pulang hasil seni tersebut dengan harga yang bervariatif. Tergantung dari bentuk, ukuran, motif hiasan, serta tingkat kesulitan saat proses pembuatannya.

Salah satu produk terkenal yang terbuat dari gerabah adalah kendhil maling. Produk ini memiliki filosofi tersendiri yang khas. Mulai dari namanya, sejarahnya, juga fungsi dari barang ini. Selain kendhil maling, terdapat juga produk lainnya seperti vas bunga pasir, gentong telur, berbagai bentuk celengan, cas gepeng, adik-kakak ukir asam, kap lampu, hiasan dinding, dan lain sebagainya.

Mengenai kendhil maling memiliki desain dan cerita yang berbeda dari kendhil-kendhil biasanya. Kendhil Maling memiliki lubang di bagian dasarnya. Lubang ini dipakai untuk memasukkan air ke dalam kendhil. Seperti cara aneh seorang maling, yang tidak memakai jalan biasa (lewat atap atau lewat jendela, bukan lewat pintu) ketika hendak masuk ke sebuah rumah. Uniknya, desain yang khusus pada Kendhil Maling membuat air tidak keluar dari lubang tersebut saat kendhil diletakkan kembali.

Di sepanjang jalan desa, Anda akan menemui banyak galeri dan toko di kedua sisi jalan. Pastikan Anda tidak kebingungan akan mengunjungi galeri yang mana, karena banyaknya galeri yang berdiri di desa ini. Namun di antara galeri-galeri tersebut Anda akan menemukan sebuah galeri yang cukup besar. Di galeri besar tersebut Anda bisa menemui bermacam gerabah dengan varian yang lebih lengkap. Mulai dari ukuran, bentuk, warna, motif hiasan, keunikan, sampai fungsi yang bervariatif. Gerabah-gerabah tersebut tentu saja merupakan hasil karya pengerajin gerabah Desa Banyumulek ini.

Ketrampilan para pengerajin Desa Banyumulek Lombok ini ternyata didukung oleh alam sekitar. Di sekitar desa, tanah liat dan air yang merupakan bahan baku, sangat mudah untuk didapatkan. Begitu pula dengan bahan pewarnanya. Para pengerajin tersebut biasanya menggunakan bahan pewarna alami, seperti biji asam yang dimasak dahulu. Namum dewasa ini, beberapa pengerajin juga mulai menggunakan bahan pewarna buatan yang bisa diperoleh dari desa tetangga.

Galeri Kerajinan Gerabah

Tips berwisata di Banyumulek


Untuk lebih mengenali kondisi dan mempersiapkan diri saat berwisata di Desa Banyumulek, Anda perlu mengetahui beberapa tips. Berikut tipsnya :

1. Jangan sungkan untuk menawar harga bila Anda benar-benar ingin membeli gerabah. Malah bisa jadi Anda rugi jika tidak menawarnya

2. Berhati-hatilah saat melihat-lihat produk gerabah. Jangan terburu-buru menyetuh produk. Karena jika Anda menyentuh dan memecahkannya, itu berarti Anda harus membeli gerabah tersebut

3. Bawalah sejumlah uang tunai. karena fasilitas mesin ATM berlokasi cukup jauh dari desa ini. Selain itu, para penjual hanya bisa menerima pembelian dengan uang tunai.

Semoga informasi berkaitan kerajinan gerabah Desa Banyumulek di atas dapat menghibur Anda. Simak berbagai informasi menarik lainnya wisata Lombok di blog ini. Berikan komentar Anda jika terdapat saran, kritik dan pertanyaan. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Wisata ke Desa Banyumulek, Penghasil Kerajinan Gerabah yang Khas di Lombok"